Ziarah Rohani Semana Santa Larantuka

Semana Santa Larantuka adalah sebuah tradisi unik umat  Katolik di kota Larantuka, ibu kota  Flores Timur Nusa Tenggara Timur. Tradisi ini merupakan peninggalan Portugis yang dilakukan untuk merayakan Pekan Suci menyambut datangnya Paskah.  Umat Katolik berkeliling kota Larantuka pada malam Jumat Agung sebagai puncak dari perayaan tersebut.

Selama Pekan Suci, kota Larantuka seolah-olah menjadi hening laksana “kota bisu”. Para peziarah bergerak perlahan namun khusuk dalam kebisuan untuk mengikuti “tapak-tapak penderitaan hingga prosesi pemakaman Yesus”, khas adat Larantuka. Prosesi Semana Santa akan berakhir menjelang dini hari.

Prosesi Semana Santa sungguh merupakan suatu tradisi yang unik dan punya daya tarik yang biasa bagi umat Katolik dari seluruh tanah air. Oleh karena itu, banyak di antara mereka yang berusaha dengan gigih untuk dapat mengikuti prosesi tersebut dan datang dari kota-kota yang jauh seperti Jakarta, Bandung, Surabaya dan lain-lain. Melihat perkembangan ini, pemerintah bersikap positif dan memasukkan even Semana Santa ke dalam kalender pariwisata Flores Timur untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Larantuka dan Flores secara umum.

Untuk membantu kelancaran perjalanan wisata rohani ke Larantuka untuk mengikuti perayaan Jumat Agung dan Prosesi Semana Santa tersebut, kami Biro Perjalanan De Tour membuat paket-paket yang menarik yang dikombinasikan dengan tour ke Danau Kelimutu dan Pulau Komodo.